Wisata Istana Ratu Boko Yogyakarta

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.

Objek wisata di Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam, semuanya ada dan tersedia di segala penjurunya. Salah satu kota wisata yang hingga saat ini terkenal dengan wisata budaya adalah Yogyakarta. Memang ada banyak sekali Tempat Wisata di Jogja. Tidak hanya ada Candi Prambanan dan Borobudur saja yang bisa dijadikan objek wisata budaya dan sejarah, melainkan ada juga Istana Ratu Boko atau yang lebih sering disebut sebagai Candi Ratu Boko. Kawasan itu juga sangat indah untuk dikunjungi sebagai objek wisata. Berikut informasi yang mungkin Anda butuhkan.

Keistimewaan Candi Ratu Boko

Candi-Ratu-Boko-sunset

Istana Ratu Boko diperkirakan sudah ada sejak abad kedelapan. Dari tatanan dan bentukan bangunan yang ada, para pakar sejarah meyakini bahwa bangunan Candi Ratu Boko ini adalah istana raja atau keraton. Hal ini dikarenakan bentukan bangunan tidak menampilkan kesan keagamaan atau ritual tertentu, namun berupa keraton yang memiliki benteng, walau benteng itu sendiri kini sudah tinggal bagian bawahnya saja. Selain itu, di sekitarnya juga ditemukan sisa-sisa permukiman kuno penduduk pada masa itu.

Nama Candi Ratu Boko diambil dari kisah masyarakat setempat, yang mengambil nama dari ayah Loro Jonggrang yang erat kisahnya dengan Candi Prambanan. Rakyat percaya bahwa Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan adalah berkaitan. Lokasi Candi Ratu Boko dengan Candi Prambanan itu pun memang berdekatan, yaitu sama-sama berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Candi ini sedikit berbeda dengan candi lainnya di Yogyakarta. Di Istana Ratu ini ada pintu gerbang, area tinggal, pendopo, kolam pemandian, hingga pagar pelindung (diperkirakan adalah benteng). Lokasinya pun berada di kawasan bukit yang tinggi (kurang lebih 195 meter di atas permukaan laut), sehingga memiliki hawa yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah. Maka dari itu banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sana untuk menikmati wisata sejarah sekaligus wisata alamnya. Bahkan lokasi ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Sunset Terindah di Indonesia.

READ  Menelusuri Alas Purwo Banyuwangi nan penuh misteri

Lokasi dan Akses ke Candi Ratu Boko

Largest_terrace,_Ratu_Boko,_2014-03-31

Istana Ratu Boko berada di dua Dukuh, yaitu Dukuh Dawung Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu Desa Sambireja. Keduanya berada di administratif Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lupa untuk mampir juga ke Candi Ratu Boko ini.

Dari pusat kota Yogyakarta, Candi Ratu Boko berjarak 18 kilometer ke arah timur. Untuk menuju ke sana dari Yogyakarta, wisatawan bisa mengambil arah ke jalan Solo, tepatnya di Jalan Solo pada kilometer ke-17. Lalu ambil arah ke Pasar Piyungan. Setelah kira-kira lima menit, cari tanda parkir atau tanda masuk menuju ke wisata Candi Ratu Boko.

Jika ingin naik kendaraan umum, Anda bisa naik Trans Jogja dan turun di Terminal Prambanan. Lalu dari sana, sewa saja jasa ojek, delman, atau becak (jika ada) untuk mengantarkan Anda ke kawasan wisata Candi Ratu Boko. Atau, jika ingin lebih praktis, Anda bisa membeli tiket terusan dari Candi Prambanan (tiket terusan ke Candi Ratu Boko). Nanti akan disediakan fasilitas khusus untuk wisatawan yang membeli tiket terusan tersebut dari Candi Prambanan.

Fasilitas Wisata Ratu Boko

Istana Ratu Boko terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu istana pada bagian bukit timur dan bukit barat. Kompleks istana yang berada di sebelah barat adalah saluran air, kolam, jalan setapak, dan fragmen gerabah. Sementara itu, bagian istana yang berada di bukit timur dibagi lagi menjadi 3 bagian utama, antara lain timur, barat, dan tenggara. Sisa istana yang megah berada di sebelah barat. Di sana juga ada peninggalan lainnya seperti talut, tempat penampungan air, tempat pembakaran, gapura, candi batu putih, umpak, dan batur paseban. Sedangkan di bagian tenggara, ada bangunan pendopo, miniatur candi, kolam, dan beberapa batur candi. Untuk di bagian timur, terdapat kolam penampungan, tanga, gua lanang, dan gua wadon.

READ  Menguji Adrenalin Mendaki Gunung Bromo

Selain beberapa kompleks wisata di atas, kawasan wisata Istana Ratu Boko juga memiliki sejumlah fasilitas, di antaranya sebagai berikut:

  • Restoran
  • Plaza Andrawina (ruang terbuka untuk pertemuan kapasitas 500 orang)
  • Bumi perkemahan
  • Trekking
  • Paket edukatif arkeologi
  • Pemandu wisata
  • Toilet
  • Tempat parkir

Penginapan di Sekitar Ratu Boko

Jika Anda adalah wisatawan dari luar Yogyakarta dan ingin mengeksplor daerah Sleman, Anda bisa memutuskan untuk menginap saja di sana. Di sekitar Istana Ratu Boko ada beberapa penginapan dengan berbagai fasilitas yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan biaya masing-masing. Selain itu, di sekitar Candi Prambanan juga ada beberapa hotel bagus dengan harga yang relatif terjangkau. Harga hotel atau penginapan di kawasan tersebut mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pilihlah sesuai dengan keinginan dan budget wisata Anda.

Tips Wisata

Jika Anda ingin mengunjungi Istana Ratu Boko yang juga merupakan salah satu Wisata Budaya di Yogyakarta ini, maka berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Kawasan wisata Candi Ratu Boko sangat luas, bahkan mencapai 250.000 meter persegi. Maka dari itu, siapkan fisik yang prima sebelum berkunjung.
  • Karena cuaca saat siang hari cukup panas, maka bawalah topi, payung, atau kacamata hitam untuk melindungi mata dari silau. Gunakan juga pakaian dan sepatu yang pas agar perjalanan wisata tidak terganggu.
  • Perhatikan jam kunjungan untuk tujuan kunjungan yang berbeda, karena harga tiketnya juga berbeda.
  • Jika ingin menikmati sunset, bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan momen terbaik.
  • Tips Liburan Sehari di Jogja jika tidak ingin ribet adalah gunakan saja tiket terusan dari Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.
  • Bawa air mineral sendiri untuk mengatasi dahaga di siang hari.
READ  Savana Bekol, Menikmati Eksotisnya Pemandangan Seperti di Afrika

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Istana Ratu Boko Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi ketika berada di kawasan Sleman. Siapkan segala keperluan wisata Anda, dan selamat berlibur. Semogaa bermanfaat.