Menteri Luhut, Sri Mulyani, dan Agus Martowardojo, Kunjungi Gunung Ijen

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI), dan Gubenur BI Agus Martowardojo baru saja mendaki Gunung Ijen yang mempunyai fenomena blue fire (api biru). Di puncak gunung, mereka membikin testimoni berbentuk video.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, aksi Menteri Luhut dan rombongan membikin pamor Gunung Ijen kian naik, sehingga meningkatkan pengenalan destinasi tersebut ke pasar nasional maupun internasional.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Agus Martowardojo, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat naik ke puncak Gunung Ijen di Banyuwangi, Jumat (2/3/2018).

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Agus Martowardojo, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat naik ke puncak Gunung Ijen di Banyuwangi, Jumat (2/3/2018).

“Kunjungan Pak Luhut dan rombongan sekaligus merupakan promosi, ada endorsement beliau-beliau,” ujarnya.

Dari sisi pemasaran, para pejabat itu punya segmen pasar tersendiri. “Pak Luhut adalah tokoh berpengalaman berjaringan luas, aksi beliau tentu mendorong para eksekutif dan banyak kalangan secara umum untuk datang ke Ijen,” ujarnya.

Adapun Sri Mulyani, kata Anas, mempunyai segmen pasar anak muda dan netizen. Dengan testimoni SMI yang di-share di media sosial, bisa memengaruhi kaum muda untuk berwisata melihat api biru di Ijen.

Menkeu Sri Mulyani di puncak Gunung Ijen

Menkeu Sri Mulyani di puncak Gunung Ijen

“Dengan pengaruh luas internasional karena pernah menjadi petinggi Bank Dunia, Ibu Sri Mulyani adalah influencer global, memengaruhi komunitas dunia, agar ke Ijen. Apalagi beliau mengunggah aktivitasnya di Ijen di akun media sosialnya,” ujarnya.

Sementara Agus Martowardojo, punya pengaruh kuat di kalangan bankir. “Pak Agus adalah bankir senior, pernah jadi dirut bank BUMN terbesar, lalu gubernur BI. Lebih dari 500.000 bankir se-Indonesia pasti kenal. Jadi kunjungan Pak Agus adalah endorsement agar bankir berlibur ke sini,” jelas Anas.

Anas berterima kasih ke pemerintah pusat yang menetapkan Banyuwangi sebagai daerah penyangga Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia yang diikuti 18.000 delegasi dari berbagai negara, Oktober mendatang di Bali. Ijen menjadi destinasi yang akan dikunjungi sebagian delegasi. Sehingga diyakini bisa makin memopulerkan destinasi itu.

READ  Pesona Wisata di Istana Raja Jogja, Kraton Yogyakarta

Berdasarkan data pengelola, Ijen pada 2016 dikunjungi 31.411 wisatawan mancanegara (wisman) dan 171.575 wisatawan nusantara (wisnus). “Semoga di Ijen kita bisa dapatkan 50.000 wisman per tahun, 250.000 wisnus. Naiknya pengunjung berdampak ke perekonomian warga,” jelas Anas.

Pada Jumat (2/3/2018), Luhut dan rombongan didampingi Anas mendaki Ijen dan menyaksikan api biru yang fenomenal.

“Wah, pemandangannya luar biasa, sangat layak direkomendasikan kepada para petinggi ekonomi dunia Oktober mendatang,” ujarnya.

“View seindah ini sulit didapatkan di tempat lain,” kata Luhut dalam videonya.

Kekaguman yang sama juga dirasakan oleh Sri Mulyani. “Begitu matahari terbit, pemandangannya luar biasa. Kawahnya spektakuler, ada blue fire,” kata dia.

“Ini Gunung Ijen yang spektakuler, luar biasa, salah satu destinasi wisata terindah di Indonesia. Ayo datang ke Banyuwangi, nikmati pemandangan spektakuler ini,” ajak SMI di video testimoni berbahasa Inggris.

Sumber: Tribunnews.com