Tips Berwisata Di Kawah Ijen

Tips ini disampaikan oleh yang sudah berpengalaman berkunjung ke Kawah Ijen, untuk mereka yang masih belum pernah sama sekali mengunjunginya. Semoga bermanfaat…

  1. Lakukan pencarian di google untuk mencari tahu apa itu Kawah Ijen serta bagaimana medan yang ada disana. Kalau tidak tahu apa itu Kawah Ijen kan lucu, dipikir Kawah Ijen itu pantai, ternyata setelah persiapan selesai dan berangkat eh ternyata gunung. Sudah bawa persiapan baju renang sebanyak mungkin ternyata ….. Gila kan??
  2. Persiapkan segala macam keperluan dan kebutuhan kalian selama perjalanan wisata berlangsung. Utamanya persiapan fisik agar tidak sakit dalam perjalanan wisatamu, persiapkan pula obat-obatan pribadi untuk yang mengidap sakit bawaan. Ingat, berwisata itu harus sehat, supaya bisa benar-benar menikmati sensasi pariwisatamu. Sehat fisik harus, sehat mental itu pilihan masing-masing.
  3. Perhitungkan cost harianmu selama berwisata, supaya tidak kehabisan budget saat tour wisata masih berlangsung. Bayangkan kalau seumpama kehabisan ongkos di perjalanan, kalian mau apa? Ya boleh sih ngamen, mbolang, jual perlengkapan pribadi, atau jual jasa cuci piring, atau jadi penambang belerang dadakan juga tidak masalah asal tidak membuat kesal orang lain. Mungkin ada yang berminat mencari pengalaman antimainstream disini?
  4. Pilih mode transportasi yang paling aman dan kecil resikonya. Jangan asal pilih yang murah tapi mengabaikan keselamatan diri. Ini yang paling penting, lebih baik sedikit mahal tapi benar-benar aman daripada murah tapi membahayakan. Karena medan jalan yang ada menuju Kawah Ijen cukup ekstrim dan membahayakan. Ada banyak pilihan mode transportasi, menggunakan angkutan khusus Kawah Ijen yang berupa mobil Jeep dengan performa 4 WD atau double gardan, pengemudi atau driverya pun sudah sangat berpengalaman semua. Recommended lah yang ini. Yang paling aman dan murah adalah berjalan kaki, mau coba??
  5. Jika dalam rombonganmu tidak ada sama sekali yang pernah berkunjung ke Kawah Ijen, lebih baik meminta bantuan kepada setidaknya seorang tour guide. Tujuannya apa?? Tujuannya adalah agar kalian bisa memanajemen waktu kalian supaya dapat menikmati sensasi berwisata di Kawah Ijen secara maksimal, meminimalisasi terjadinya kecelakaan akibat ketidaktahuan pengunjung tentang kondisi gunung, juga supaya pengunjung mendapatkan informasi dan pengetahuan penting seputar tujuan wisata kalian yang satu ini. “Jalannya kan cuma satu ini, lagian banyak orang kok, gak mungkin nyasar lah…” Banyak yang berkata seperti itu, ya, memang jalannya cuma satu dan yang naik banyak, tapi ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diduga seperti secara tidak sadar menghalangi jalan penambang yang sedang kesusahan memikul beban teramat berat lalu kemudian tertabrak oleh penambang tersebut kemudian jatuh, cedera, siapa yang akan bertanggung jawab dan membantu mengarahkan kalian?? Minta bantuan dragon ball juga gak mungkin sepertinya….

    456b28e4dc6dad530cd255258509b3ce

    Tour Guide juga bisa menjadi teman berwisata yang menyenangkan.

  6. Jangan lupa membawa seperangkat alat narsis seperti kamera pocket, kamera DSLR, kamera HP, gopro, drone, tongsis, tripod, dan lain sebagainya. Pastikan kondisi peralatan narsis kalian tidak ada masalah sebelum menyesal kemudian saat sudah sampai di lokasi tujuan ternyata memori penuh, baterai drop, atau kamera tidak bisa fokus. Selain memandu kalian, meminta bantuan Tour Guide juga bisa membantu kalian memotret kebersamaan kalian tanpa harus salah satu dari kalian tidak ada di layar kamera. Cusss….
  7. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan sebelum memulai perjalanan wisata di Kawah Ijen, terutama saat sudah tiba di kota tujuan. Seperti ngopi, wisata kuliner, city tour, atau menonton pertunjukan seni budaya masyarakat. Daripada membuang waktu yang sangat berharga, lebih baik konsultasikan dengan agency atau tour guide yang kalian percayakan. Pasti asyik kok selama kalian berkomunikasi semua akan lancar dan berkesan. Pacaran saja butuh komunikasi, berwisata harus menjalin komunikasi juga lah.
  8. Pastikan untuk menghormati dan menjunjung tinggi norma dan budaya Osing disini. Dimana bumi dipijak, disitu pula langit dijunjung. Tujuannya adalah agar mendapat sambutan yang baik pula dari masyarakat. Jangan buang sampah sembarangan, dan coba untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian Kawah Ijen dengan cara mengingatkan sesama pengunjung yang masih buang sampah sembarangan atau melakukan tindakan vandalism. Jadi, ketika kalian datang kembali disini, Kawah Ijen masih tetap asri dan sambutan masyarakat yang sudah mengenal kalian juga akan lebih mengesankan.
  9. Pilihlah tempat tinggal terbaik sesuai dengan kondisi keuangan kalian, dekat dengan tujuan kalian, serta memiliki suasana tinggal yang nyaman. Banyak sekali terdapat hotel dan penginapan (homestay) yang bisa kalian jadikan tempat bermalam atau beristirahat setelah melakukan perjalanan wisata di Kawah Ijen. Kalau mau tinggal di homestay dengan harga 100-250rb per malam kalian bisa menanyakan kepada travel agency atau tour guide yang kalian percayakan. Mereka pasti tahu dimana tempat tinggal yang recommended kok. Plus, jangan terlalu jauh, kamu gak akan kuat…
  10. Buka website ijenimpressive.com untuk memulai rencana perjalanan wisata kalian. Lihat di pojok kanan bawah gadget kalian (smartphone atau komputer), ada aplikasi chatting disana, pilih salah satu dan customer care akan melayani kalian dengan seramah-ramahnya manusia. Tanyakan segala macam pertanyaan yang terkait dengan rencana pariwisata kalian, supaya benar-benar matang dan terencana dengan baik. Ceritakan kepada saudara, teman, pasangan, rekan kerja, bos, atau tetangga kalian tentang pengalaman menyenangkan kalian selama berwisata dengan Ijen Impressive Tour.

Form pendaftaran trip di sini

 

Fitra Surya Ari Pramana

www.ijenimpressive.com

 

READ  Wisata di Desa Pemuteran Bali