Cari yang Sejuk di Bali? Ini Tempatnya

Bali punya banyak tempat wisata, tak melulu pantai saja. Cobalah ke Bali bagian timur dan temukan kesejukan alam di Air Terjun Dusun Kuning

Jika liburan ke Bali tapi sudah bosan dengan pantai di bagian selatan, maka Bali bagian timur adalah pilihan yang tepat. Banyak wisata yang tak kalah menarik ada di sini, salah satunya adalah wisata air terjun. Air Terjun Dusun Kuning yang terletak di Kabupaten Bangli, menawarkan wisata air terjun yang tenang, sejuk, dan alami.

air-terjun-dusun-kuningpng-8DGH

Disebut air terjun Dusun Kuning, bukan karena airnya berwarna kuning tetapi karena lokasinya ada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan/Kabupaten Bangli. Sekitar 36 km dari arah Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan motor atau mobil.

Aliran air terjun ini tidak terlalu deras, tapi sangat jernih. Aliran airnya bersumber dari mata air pegunungan, mengalir menuju sungai Melangit, yang mana aliran sungai tersebut dijadikan tempat salah satu wisata rafting di Bali dengan pemandangan yang asri dan indah.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kita harus berjalan kurang lebih sekitar 500 meter. Jalannya masih alami dan memerlukan sedikit perjuangan untuk melewatinya. Tapi kita tidak akan bosan di sepanjang jalan karena pemandangannya yang segar dan udara yang sejuk. Perjuangan kita akan terbayar setelah sampai di air terjunnya.

Dengan ketinggian kurang lebih 25 meter, air terjun Dusun Kuning ini benar-benar mempesona. Ditambah lagi dengan tebing hitam menjulang yang menjadi latar belakang dari air terjun ini. Air terjun ini tidak terlalu deras, sehingga tebing hitam yang ada di belakangnya sangat jelas terlihat. Ditambah lagi pemandangan di sekelilingnya yang masih hijau menyegarkan.

READ  Menemui Para Pertapa Modern Alas Purwo