Wisata Pantai Grajagan

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten eksotis di Jawa Timur. Menjadi kota paling timur di Jawa, membuat fajar pertama terbit di pagi hari di sini, melemparkan sinar rindang ke Jawa, dan daerah ini juga hijau subur tapi juga pulau berpenduduk padat. Belum cukup populer sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Banyuwangi, pada kenyataannya, menyembunyikan banyak permata rahasia, salah satunya adalah Pantai Grajagan.

Seiring dengan Pantai Plengkung yang lebih populer (G-Land), Pantai Pulau Merah dan Pantai Pesanggaran, pasir hitam Pantai Grajagan merupakan bagian dari garis pantai yang mempesona yang bersama-sama membentuk pantai Banyuwangi di provinsi Jawa Timur. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Pantai Grajagan juga mendapatkan popularitas di kalangan penggemar selancar dari seluruh dunia.

Terletak sekitar 52 km selatan dari jantung kota Banyuwangi, pantai Grajagan berada di dalam Area Pemanfaatan Hutan Banyuwangi seluas 314 hektar (KPH) di Taman Nasional Alas Purwo, dan terletak di dekat Desa Grajagan, di distrik Purwoharjo. Pantai ini berfungsi sebagai pintu gerbang ke tempat berselancar besar lainnya di dekat Banyuwangi yang mencakup G-land yang populer.

pantai-grajagan-1

Pemandangan pantai yang luas berkarpet dengan pasir hitam yang indah dan dihiasi dengan gua dan perbukitan. Dengan berjalan kaki di pantai, orang akan disambut dengan panorama pemandangan pantai yang tenang dan deretan bukit yang indah, disibukkan oleh deru ombak yang deras. Disini kita juga bisa mengamati tiga gua yang dulunya digunakan tentara Jepang selama Perang Dunia II.

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang bagus dimana Anda bisa menyaksikan nelayan tradisional berlayar menuju laut terbuka, dan pada sore hari mengamati kapal-kapal tersebut kembali sarat dengan tangkapan ikan mereka. Di sini Anda bisa membeli ikan yang baru ditangkap langsung dari kapal. Atau untuk salah satu pengalaman sejenis, mengapa tidak mencoba berlayar bersama mereka dan menangkap ikan dengan cara tradisional.

Grajagan adalah pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pasir yang bersih lebar menghalangi pantai. Bukit di seberang lautan, menempel di tanah dengan kuat. Panorama indah desa nelayan Grajagan bisa dilihat disini. Gua untuk perlindungan pertempuran di Era Jepang bisa dilihat di sini.

READ  Tempat Wisata Gunung Semeru

Kegiatan rekreasi di alam terbuka dapat dilakukan di banyak tempat, seperti: di hutan, pegunungan, danau, pantai, dll. Grajagan adalah salah satu pantai Banyuwangi yang menunjukkan kombinasi gelombang laut bergulir di satu sisi dan hutan lebat di yang lain. Di tempat ini, kita akan bisa melihat panorama indah desa nelayan Grajagan. Karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Di sini, anda bisa menemukan sebuah gua tua, yang dibatasi oleh tentara Jepang.

Dan jika anda adalah penggemar selancar (surfing) nampaknya anda harus mencoba ombak di Pantai Grajagan, Banyuwangi, Jawa Timur. Dikatakan bahwa Pantai Grajagan memiliki ombak yang rideable yang konsisten di dunia yang hanya direkomendasikan bagi peselancar profesional. Tak hanya ombak yang indah, sepanjang pantai yang berjarak 53 kilometer ke arah selatan dari Banyuwangi menghadirkan pesona yang luar biasa.

Tempat yang nyaman dan asri serta jauh dari hiruk pikuk dan bisingnya kota metropolitan memang sangat cocok untuk kita menghabiskan waktu, seperti di pantai Grajagan ini. Pemandangan air lautnya yang biru, barisan gunung-gunung dari kejauhan seakan mengajak kita untuk berlama-lama di sana.

Fasilitas di Pantai Grajagan

Walaupun fasilitas di tempat ini masih jauh dari lengkap tapi setidaknya ada beberapa fasilitas yang sudah dibangun untuk penunjang bagi wisatawan yang datang ke pantai Grajagan seperti kamar mandi umum, area parkir yang lumayan luas dan rindah karena banyak peopohan, bangku-bangku di mana anda bisa santai duduk-duduk sembari menikmati segarnya suasana pantai. Ada juga beberapa warung-warung di dekat area Grajagan yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Untuk penginapan sendiri juga disediakan bagi siapapun yang berminat untuk menghabiskan malam di pantai Grajagan. Penginapan ini terdapat 10 kamar dan 2 rumah yang berbentuk bungalow yang menghadap ke laut. Bayangkan indahnya pemandangan yang anda bisa dapat saat anda bangun di pagi hari. Untuk tarifnya sendiri pun masih dibilang terjangkau hanya sekitar 100.000 sampai dengan 150.000 rupiah saja per kamar.

READ  Tips Berwisata Di Kawah Ijen

Hunting Foto di Pantai Grajagan

Sudut-Pantai-Grajagan-Banyuwangi

Hunting foto di tempat ini sangat lah menyenangkan terutama jika anda datang di saat hari biasa di mana pengunjung atau wisatawan yang mampir ke pantai Grajagan tidak lah begitu banyak sehingga anda bisa dengan leluasa mengabadikan momen kebersamaan anda bersama keluarga maupun teman-teman saat anda berkunjung ke pantai ini.

Ombak pantai yang tidak terlalu besar juga memungkinkan anda untuk mengambil foto dari tepi pantai atau juga saat bermain di laut dengan menggunakan kamera yang tahan air pastinya, jika tidak, anda harus berhati-hati karena air laut bisa dengan mudah membuat rusak kamera handphone anda.

pantai-grajagan-8

Untuk mencapai Pantai Grajagan cukup mudah karena sudah ada aspal jalan untuk mobil dan angkutan umum. Dibutuhkan sekitar 1 jam dari Banyuwangi untuk sampai ke Pantai Grajagan. Jalannya cukup lebar bahkan untuk bus besar.

Jika anda ingin naik kendaraan umum, naik Bus di Banyuwangi yang menuju ke kota Jember (dan sebaliknya) dan turun di Benculuk. Dari Benculuk, lanjutkan dengan bus mini sekitar 12 KM sebelum sampai di Pantai Grajagan.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pantai Grajagan

Jam buka dari pantai Grajagan dimulai dari jam 08.00 pagi wib sampai dengan 16.00 sore wib, anda bisa mempunyai waktu yang cukup lama untuk dihabiskan di tempat ini. Untuk biaya tiket masuk sendiri juga lumayan terjangkau, anda cukup membayar 15.000 untuk dua orang, dan harga tersebut juga sudah termasuk biaya parkir, jadi lebih irit kan?

Tips Berlibur ke Pantai Grajagan

  • Walaupun ada warung-warung di sana yang buka, lebih baik anda membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah. Hitung-hitung bisa menghemat biaya pengeluaran
  • Jangan lupa memakai pelindung topi atau kacamata saat siang hari
  • Memakai krim sunblock agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari
  • Jangan lupa membawa kamera agar anda bisa berfoto-foto ria
READ  Wisata Pantai Lovina dengan Lumba-lumbanya

Sumber: Madeline Romanov