Wisata Pantai Pulau Merah

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten eksotis di Jawa Timur. Menjadi kota paling timur di Jawa, membuat fajar pertama terbit di pagi hari di sini, melemparkan sinar rindang ke Jawa, dan daerah ini juga hijau subur tapi juga pulau berpenduduk padat. Belum cukup populer sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Banyuwangi, pada kenyataannya, menyembunyikan banyak permata rahasia, salah satunya adalah Pulau Merah yang lokasinya sangat digemari untuk berselancar.

Banyuwangi, yang terletak di ujung paling timur Jawa dapat membanggakan tempat berselancar kelas dunia lainnya di sebelah G-land yang sudah terkenal di Plengkung: ini adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah disebut demikian karena hanya sekitar 100 meter ke sisi pantai adalah pulau berbukit kecil yang indah yang disebut Pulau Merah, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Situasi ini mirip dengan lokasi pulau Tanah Lot ke pulau utama Bali. Tidak seperti di G-land dimana ditemukan karang karang yang tajam di tepi pantai, pantai di Pulau Merah-atau Pulau Red Beach-adalah pasir terbuka sehingga aman bagi peselancar pemula.

10banyuwangi

Dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali, berselancar di sini lebih kuat, menawarkan laras besar setinggi 4 meter dengan panjang 400 meter, sangat ideal bagi peselancar untuk mencoba teknik tubing. Tapi karena ombak sini datang dengan ketinggian rata-rata dua meter, pemula dan peselancar amatir sama-sama bisa menikmati pantai ini. Padahal, pantai di Plengkung dan G-land harus diupayakan oleh para profesional saja.

Pantai Pulau Merah pada awalnya dikenal sebagai Ringin Pitu. Ada dua versi untuk perubahan namanya. Satu versi mengatakan bahwa karena warna tanah dan pasirnya kemerahan, dari situlah namanya, sementara cerita lain mengatakan bahwa pada suatu waktu beberapa sinar merah terang bersinar dari pulau Pulau Merah berbukit kecil ke pantai, demikian Memberinya nama pantai Pulau Merah. Fitur lain dari pantai adalah desa nelayan terdekat yang disebut Pancer, di mana Anda bisa tinggal di rumah penduduk desa. Keramahan mereka kepada pengunjung meskipun hidup sederhana mereka benar-benar menghangatkan hati.

Red Island Surf Camp terletak di sebuah teluk yang terpencil dan indah yang dikelilingi oleh pegunungan dan tepat di pantai. Ini adalah tempat yang ideal untuk pergi, bersantai dan berselancar. Ini adalah tempat yang tepat untuk berwisata sambil belajar berselancar dan memperbaiki selancar Anda, menawarkan ombak pasir pasir yang tak terkendali.
Habiskan hari anda bermalas-malasan di tempat tidur gantung di tepi kolam renang, berselancar di sela-sela pantai, naik kapal untuk mengunjungi pantai ‘hilang surga’ atau mendaki gunung berapi. Ada banyak yang harus dilakukan untuk petualang dan banyak waktu bersantai bagi mereka yang ingin hanya ‘bersantai’.

READ  How Indonesia’s media-savvy miners became tourist attractions, turning sulphur into selfies

Pulau Merah mengambil namanya dari pulau karang yang menonjol di depan pantai (mungkin mengacu pada batu teroksidasi di bawah vegetasi yang sekarang menutupinya). Pengasuhan mungkin adalah aset terbaik Pulau Merah. Karena tempat berselancar di Bali sebagian besar telah dibanjiri oleh peselancar, amatir dan ahli yang mencari tempat berselancar yang kurang ramai sekarang mencari Pulau Merah untuk lingkungan pedesaannya dan kemiripannya dengan turis lama Bali pra-wisata.

Fasilitas di Pantai Pulau Merah

Anda bisa merasa lega dan senang jika anda bertanya-tanya apa saja kah fasilitas yang bisa anda dapatkan di tempat ini. Jangan khawatir karena fasilitas penunjang untuk wisatawan bisa dibilang lengkap di tempat ini.

Seperti adanya kamar mandi umum, tempat untuk membilas badan, area parkir kendaraan bermotor yang hanya berjarak beberapa meter saja dari pantai, deretan warun yang menjual makanan, minuman, juga anda tidak perlu repot membawa papan selancar dari rumah karena di tempat ini juga menyediakan jasa penyewaan peralatan surfing. Atau juga menyewa perahu untuk memancing.

Di sepanjang pantai, di atas pasir pantai yang lembut juga ada berderet-deret kursi panjang untuk bersantai lengkap dengan payung besar sebagai pelindung jika anda hanya ingin bersantai sambil menikmati pemandangan. Penginapan juga pastinya ada di tempat ini.

Hunting Foto di Pantai Pulau Merah

Pulau-Merah

Ombak yang bergulung-gulung dan memecah di bibir pantai benar-benar menyajikan pemandangan yang pasti sangat pas untuk bidikan kamera anda. Apalagi di lokasi ini banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang bermain surfing di atas ombak yang tidak henti-hentinya bergantian muncul menambah semarak pemandangan. Hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk berfoto.

READ  Wisata Waduk Bajulmati

Bahkan jika anda tidak malu atau sungkan, anda bisa saja meminta berfoto dengan para turis asing yang berkunjung ke Pulau Merah. Manfaatkan juga kesempatan untuk berselfie sepuas anda di tempat yang indah ini.

Pemandangan sunsetnya di tempat ini keindahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. And perlu tinggal lebih lama agar bisa mengabadikan gambarnya.

pulau-merah-banyuwangi-paket-tour-banyuwangi-destinasi-wisata-banyuwangi-tourbanyuwangi.com-082231361865

Pantai Pulau Merah adalah salah satu dari banyak pantai menarik yang ditemukan di sepanjang pantai selatan Jawa Timur. Untuk mencapai Pantai Pulau Merah, Anda harus terlebih dahulu terbang ke Banyuwangi atau Anda juga bisa masuk melalui bandara Malang atau Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur. Bandara terdekat, bagaimanapun, adalah Banyuwangi.

Terletak sekitar 60 KM dari Banyuwangi, pantai dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor dalam waktu tiga jam, dekat desa Sumberagung, di kecamatan Pesanggaran. Karena jalan acess mulus, sudah menjadi tujuan akhir pekan favorit bagi warga Banyuwangi. Dianjurkan untuk menyewa mobil di bandara Belimbingsari karena hanya ada sedikit bus umum yang menuju Pulau Merah dari sini.

Dari kota Banyuwangi Anda bisa naik bus ke Ujang Jaya ke arah desa Pesanggaran. Di pasar Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan ojek atau taksi motor ke Pulau Merah. Dari Jember, turun di terminal Jajag, dan terhubung dengan bus ke Pesanggaran.

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Jam buka dari Pulau Merah sendiri dari jam 7 pagi sampai sore hari, dengan biaya tiket masuk sebesar 3.000 rupiah saja per orang, anda sudah bisa parkir dengan gratis.

Tips Berlibur ke Pantai Pulau Merah

  • Jangan lupa memakai krim sunblock, topi atau kacamata karena suasana di pantai bisa sangat panas saat siang hari
  • Berhati-hatilah saat bermain di tepi laut
  • Patuhi peraturan yang ada di sana
  • Bawalah perbekalan makanan, minuman juga uang secukupnya
READ  Berwisata sekaligus belajar sejarah Candi di Jawa Timur

Sumber: Madeline Romanov