Tempat Wisata Gunung Semeru

Di Jawa Timur banyak sekali gunung-gunung yang menghiasi, mulai dari yang masih aktif sampai yangt sudah tidakn aktif. Namun semua gunung tersebut mempunyai kesamaan yaitu sama-sama menawarkan pesona yang indah dan sangat memanjakan mata bagi siapapun yang mengunjunginya.

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan fungsi dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di saat kita mempunyai waktu luang. Dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya melewati banyak sekali kegiatan yang tidak jarang membuat kita stres atau jenuh, belum lagi keadaan perkotaan yang macet dan penuh dengan polusi semakin menambah rasa penat kita saat kita sudah melakukan semua kegiatan dan bisa kembali ke rumah. Rasa penat, stres dan jenuh tersebut bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kita jika membiarkannya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan salah satunya adalah berwisata ke berbagai macam tempat. Bahkan anda tidak perlu menghamburkan uang, karena sudah banyak tempat wisata di sekitar anda yang bahkan tidak membutuhkan biaya tiket masuk.

Gunung Semeru adalah salah satu obyek wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman anda. Semeru dinamai dari Sumeru, gunung tertinggi di dunia dalam kosmologi Buddhis. Semeru juga disebut Mahameru (Gunung Besar), atau Gunung Semeru atau Gunung Semeru – terletak di antara kabupaten Malang dan Lumajang dengan posisi geografis 8 06 ‘Lintang Selatan dan 12 55’ Bujur Timur. Puncak Gunung Semeru adalah 3.676 m dpl.

semeru 2

Karena itu, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ini adalah stratovolcano di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini mencakup sekitar 800 kilometer persegi di pusat Jawa Timur. Di ujung utaranya adalah Kaldera Tengger yang spektakuler, pulau terbesar di Jawa, dengan laut pasir pasirnya sepanjang 10 km. Di kaldera tersebut naik kerucut vulkanik yang sangat retak dari Batok dan Bromo, yang terakhir masih aktif dengan kawah yang luas dimana asap meniup ke langit. Suhu di puncak gunung Bromo berkisar antara 5 sampai 18 derajat celcius. Ke Selatan adalah dataran tinggi dataran tinggi yang bergulir yang dibelah oleh lembah-lembah dan dihiasi beberapa danau kecil yang indah, terbentang sampai ke kaki Gunung Semeru, kerucut rimbun hutan yang menjulang tinggi yang mendominasi lanskap selatan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu kawasan konservasi yang sudah banyak dikenal masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya masyarakat untuk berkunjung ke taman dengan berbagai kepentingan seperti untuk rekreasi, camping climbing, trekking, pendidikan dan penelitian.

READ  Menelusuri Alas Purwo Banyuwangi nan penuh misteri

Menyadari situasi tersebut, pemerintah telah menetapkan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional yang didirikan pada tanggal 12 November 1992 dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.1049 / Kpts-Il / 1992 dengan luas wilayah 50.267,3 ha, yang secara administratif berada di 4 kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Semeru adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Sejak 1818, setidaknya ada 55 letusan yang tercatat (10 di antaranya mengakibatkan korban jiwa). Gunung berapi mengepul awan uap dan asap yang besar setiap 20 menit atau lebih dan terkadang diselingi abu dan batu.

Beberapa tahun silam, Gunung Semeru Indonesia di Jawa Timur meletus. Tepatnya pada hari Minggu dini hari, 10 Mei 2009, memuntahkan asap dan abu tinggi ke langit dan melapisi sebuah kota terdekat dengan debu hitam ‘. Gunung berapi dingin yang lalu juga membanjiri sungai-sungai di sekitar desa Semeru. Tidak ada evakuasi yang diperintahkan, namun ahli vulkanologi memantau gunung berapi dengan seksama ‘untuk tanda-tanda awan panas yang mematikan’ – istilah yang sering digunakan di Indonesia untuk aliran piroklastik. Otoritas logis gunung berapi Indonesia mengatakan bahwa mereka tidak perlu menaikkan tingkat siaga di Semeru dari tingkat tertinggi kedua ‘siaga’ atau oranye. Proxy 15 kecamatan di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia memiliki dampak abu, terutama mereka menggerakkan lahan pertanian.

Karena gunung berapi yang meletus, sabana gunung, dan danau, pemandangan di sekitar sini adalah pemandangan yang mengagumkan untuk dilihat. Pendaki gunung sering mengunjungi gunung ini untuk menikmati pemandangan alam dan sunset yang indah, lihat dari puncak gunung. Panorama yang indah dan menarik atau atmosfir khusus dapat ditemukan di sini di samping udara sejuk dan segar. Semeru adalah tempat wisata yang sangat populer di provinsi ini, bahkan di kalangan turis mancanegara.

READ  15 reason why you should visit Ijen Crater

Fasilitas di Gunung Semeru

Walaupun tidak banyak fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda nikmati di tempat ini, anda bisa menemukan beberapa fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola, seperti di antaranya adalah;

– Lahan parkir

Untuk anda para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir mengenai tempat parkir karena di obyek wisata ini juga telah disediakan lahan parkir yang memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

– Pos istirahat

Jika anda kesana berniat untuk mendaki, di Gunung Semeru anda akan menemui beberapa pos untuk tempat beristirahat entah hanya sekedar duduk-duduk sembari mengatur nafas atau sambil menikmati perbekalan makanan dan minuman yang anda bawa dari rumah.

– Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Gunung Semeru, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

Hunting Foto di Gunung Semeru

semeru 1

Bagi anda yang gemar fotografi dan juga wisata alam, datang ke Gunung Semeru akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan anda lupakan. Persiapkan kamera anda, baik kamera dari handphone maupun kamera profesional dari rumah karena anda di sana tidak akan mau melewatkan pemandangan-pemandangan yang indah. Pepohonan dan pemandangan langit yang indah yang ada di sana bisa menjadi target foto yang sangat sempurna, entah anda hanya memfoto pemandangannya saja atau anda juga bisa membuatnya menjadi latar belakang foto anda bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu anda juga mungkin akan bertemu dengan pemandangan dari hewan-hewan liar yang hidup di sana jadi jangan sampai anda terlewatkan untuk memfoto keberadaan mereka. Jangan lupa untuk anda unggah ke berbagai media sosial agar teman-teman anda tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik di negara kita sendiri.

Akses Jalan Menuju ke Gunung Semeru

Untuk menuju ke Gunung Semeru, dari Bandara Abdulrachman Saleh, anda harus keluar menuju patung pesawat yang ada di pinggir Jalan Abdulrachman Saleh, Cemoro Kandang, Kedung Kandang, Kota Malang. Selanjutnya, Anda bisa naik angkutan umum bernama TA (Tumpang Arjosari) jurusan Terminal Arjosari – Pasar Tumpang berwarna putih.

READ  Punggungnya Terluka, Seekor Penyu Bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi

Perjalanan dari Jalan Abdulrachman Saleh menuju Pasar Tumpang ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit. Ongkos angkutan umum yang dibutuhkan adalah 7.000 rupiah per orang.

Lanjutkan naik jip

Saat tiba di Pertigaan Pasar Tumpang, anda bisa memilih moda transportasi mobil jip atau ojek motor. Untuk mobil jip, anda bisa datang ke kios paguyuban mobil jip di Pasar Tumpang yang menawarkan jasa angkutan menuju Desa Ranu Pane.

Perjalanan dari Pasar Tumpang menuju Desa Ranu Pane ditempuh selama 1,5 jam dengan melewati beberapa bagian jalan yang rusak. Perjalanan akan melewati titik wisata, seperti Air Terjun Coban Pelangi dan Pos Bantengan hingga tiba di Desa Ranu Pane.

Alternatif transportasi lain yang bisa digunakan dari Pasar Tumpang ke Desa Ranu Pane adalah ojek motor dengan harga Rp 100.000 – Rp 150.000. Anda bisa menemukan ojek di sekitar Pasar Tumpang yang menyediakan jasa antar ke Desa Ranu Pane.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Gunung Semeru

Jam buka dari obyek wisata ini adalah 24 jam, setiap hari, jadi anda bisa datang kapanpun yang anda mau. Biaya masuk ke Semeru untuk wisatawan asing sebesar Rp 207.500,-. Sementara itu, tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 17.500,-. Tarif masuk wisata gunung Semeru tidak hanya mengalami kenaikan pada hari kerja, tarif tersebut juga mengalami kenaikan pada hari libur (week end), untuk wisatawan lokal kenaikan harga tiket masuk menjadi sebesar Rp. 22.500,- dan kenaikan tarif masuk untuk wisatawan asing menjadi sebesar Rp. 307.500,-.

Tips Berlibur ke Gunung Semeru

  • Persiapkan stamina anda
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi yang bagus
  • Pakai alas kaki yang sesuai dan nyaman
  • Jangan mengotori lingkungan
  • Hindari mendaki saat musim penghujan

Sumber: Madeline Romanov