Wisata Taman Nasional Baluran

Situbondo terletak di sepanjang pantai utara Pulau Jawa dengan banyak pemandangan berwarna hijau ditambah lagi cuaca yang dingin karena dikelilingi oleh perkebunan teh, tembakau dan Taman Nasional Baluran yang pastinya sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri.

Taman ini merupakan kawasan pelestarian hutan yang membentang sekitar 25.000 ha di pesisir utara Jawa Timur. Lokasinya ada di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuwangi, Situbondo (di sebelah timur berbatasan dengan Pulau Jawa). Anda bisa menikmati panorama sabana dan gunung Baluran (gunung berapi yang tidak aktif) di tengah area yang menjadi habitat banyak hewan eksotis seperti babi hutan, rusa, burung merak, ayam liar, beberapa jenis monyet dan juga sapi jantan sebagai hewan yang dilindungi di daerah.

6603b353267059b08a489cbd206bfac9

Taman ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan telah mengorganisir kegiatan safari. Safari adalah istilah yang banyak disalahgunakan di kalangan perjalanan Asia namun dalam hal ini sangat tepat – ada sesuatu yang sangat Afrika tentang padang rumput padang rumput di Baluran. Dari tiga taman nasional besar di Jawa Timur, ini adalah jalan termudah dan sejauh ini yang paling mudah untuk ditempuh.

Anda bisa menikmati pemandangan hutan yang menakjubkan dan melakukan kegiatan safari di alam liar dan merasakan keajaiban hutan. Taman ini sangat unik karena 15 km dari pintu masuk utama, anda bisa menemukan pantai putih yang indah disebut Pantai Bama, di sini ada di habitat terumbu karang, ikan dan bakau.

bal

Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan saat berwisata ke taman ini seperti: – Hutan Safari – petualangan hutan – Menyelam dan snorkeling – Hiking gunung dan mendaki gunung – Berjalan kaki – Petualangan pantai untuk menyaksikan kegiatan sehari-hari nelayan dan pencari benih – Berkano, mendayung atau berperahu sampai Anda Teluk Air Segar, Teluk Sejile dan Pantai Bilik.

Sejarah

Nilai dan sifat unik Baluran pertama kali direkam pada tahun 1928 oleh ahli botani Belanda AH Loedeboer. Status taman nasional resmi diberikan pada tahun 1984 karena saat itu potensi wisata taman tersebut perlahan terwujud.

READ  Wisata Pantai Boom

Landscap

Ciri dominan taman ini adalah 1.246 m tinggi Gunung Baluran, sebuah gunung berapi yang tidak aktif. Taman ini kebanyakan adalah padang rumput savana dan akasia menggosok hutan pedalaman dan monsun dengan bakau di pantai. 15 km dari pintu masuk utama ada pantai berpasir putih yang indah yang disebut Pantai Bama dengan mangrove tepi dan terumbu karang lepas pantai yang sehat. Sekitar 40 km pantai utara Jawa berada dalam batas-batas taman dan mencakup beberapa daerah dengan terumbu karang yang sangat baik dan sehat yang dekat dengan pantai.

Tumbuhan dan Hewan

Mamalia yang ada meliputi kucing macan tutul, babi liar, rusa rusa Jawa, tiga spesies monyet dan banteng jawa yang terancam punah (kerbau).

Keragaman jenis burung beragam meskipun ada tekanan besar untuk perdagangan burung bangau sebelum taman nasional terbentuk. Beberapa perburuan masih terjadi.

baluran-1

Iklim

Selain Madura, ini adalah sudut terkering di Jawa dan dari bulan April sampai Oktober sangat kering. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah paruh terakhir musim kemarau (Juni sampai Oktober) ketika hewan-hewan penggembalaan paling banyak terlihat saat mereka mengawinkan sumur-sumur air yang terkenal. Di luar musim kemarau, cuacanya sangat mirip dengan pulau Jawa lainnya. Hujan sangat deras pada bulan Januari dan Februari dan selama bulan-bulan tersebut banyak area taman akan dilalui karena banjir.

Fasilitas di Taman Nasional Baluran

Bagi anda yang berencana untuk menginap di tempat ini, pihak pengelola TNB juga menyediakan beberapa jenis penginapan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu:

  1. Wisma Rusa – Jumlah kamar 7, daya tampung 12 orang. Harga 35.000/orang
  2. Wisma Merak – Jumlah kamar 3, daya tampung 3 orang. Harga 50.000/orang
  3. Wisma Banteng – Jumlah kamar 2, daya tampung 4 orang. Harga 250.000/unit
  4. Ekstra bed – 25.000/orang
READ  Cari yang Sejuk di Bali? Ini Tempatnya

Selain fasilitas penginapan juga sudah terdapat fasilitas kamar mandi, instalasi air, dan juga lokasi untuk berkemah.

Hunting Foto di Taman Nasional Baluran

Sangat disarankan sekali bagi anda yang ingin mendapatkan pemandangan yang lebih menajubkan dari yang sudah anda dapatkan, anda harus datang pagi atau bangun pagi-pagi tepatnya sekitar jam 04.00 sampai 05.00 menjelang matahari terbit, dijamin anda akan berdecak kagum dengan panorama yang kamera anda akan hasilkan.

tn. baluran

Jangan lupa juga saat anda ke savana Bekol anda harus mengabadikan momen di mana para hewan-hewan terlihat berkeliaran, mulai dari kawanan rusa, burung merak dan juga monyet.

Untuk mencapai Taman Nasional Baluran dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, perjalanan darat memakan waktu sekitar 6 jam. Baluran terletak sebagian di Kabupaten Situbondo dan sebagian lagi di Kabupaten Banyuwangi.

Dari Surabaya yang melaju melewati jalan pesisir utara timur Anda akan melewati kota Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo. Setelah Banyuputih, jalan belok ke selatan. Jangan mengambil jalan lebih jauh ke timur ke desa Bilik. Sebelum sampai di desa Wongsorejo belok kiri dan anda akan melihat tanda: Visitor Center. Inilah gerbang masuk ke Taman Baluran.
Atau, anda juga bisa berkendara dari Sitobondo ke Bangandengan. Jarak sekitar 60 km. Taman Nasional Baluran sebenarnya berada di jalan raya yang menghubungkan Surabaya dengan kota Banyuwangi dari tempat ferrake membawa mobil dan penumpang ke pantai barat Bali. Sehingga Baluran juga mudah dijangkau dari Bali.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Jam buka dari Taman Nasional Baluran

  • Minggu tutup
  • Senin 7:30 AM-4PM
  • Selasa 7:30 AM-4PM
  • Rabu 7:30 AM-4PM
  • Kamis 7:30 AM-4PM
  • (Idul Adha) Jam mungkin berbeda
  • Jumat 7:30 AM-4:30 PM
  • Sabtu tutup
READ  Wisata Waduk Bajulmati

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran pada hari biasa (Senin-Jumat), yaitu untuk pengunjung lokal 15.000, sedangkan wisatawan mancanegara 150.000

Pada akhir pekan atau hari libur (tanggal merah), harganya untuk pengunjung lokal 17.500, sedangkan wisatawan mancanegara 225.000

Tips Berlibur ke Taman Nasional Baluran

Karena tidak ada fasilitas penunjang untuk membeli makanan dan minuman maka sangat disarankan anda membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup dari rumah.

Jangan sampai mengganggu ketentraman dari binatang-binatang yang ada di sana jika anda sedang mengeksplor taman, pastikan membawa kamera, baju yang hangat dan alat-alat untuk berkemah jika anda berencana untuk melakukannya.

Dan yang paling penting jangan membuang sampah sembarangan.

Sumber: Madeline Romanov