Lovina Beach

Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara. Wisatawan baik asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke sana, selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat ikan lumba-lumba yang banyak terdapat di pantai ini. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kita dapat mendekati lumba-lumba. Berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Sejarah Lovina

Menyinggung sejarah Lovina, tentunya tidak bisa lepas dengan sosok Anak Agung Panji Tisna. Nama Panji Tisna sering ditulis Pandji Tisna. Sekitar 1950-an, Anak Agung Panji Tisna, pernah melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa dan Asia. Apa yang menarik perhatian dia terutama adalah kehidupan masyarakat di India. Dia tinggal beberapa minggu di Bombay. Cara hidup dan kondisi penduduk di sana, serta merta mempengaruhi cara pikir dan wawasan dia ke depan untuk Bali, terutama pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, Panji Tisna juga melihat suatu tempat yang ditata indah untuk orang-orang berlibur di pantai. Tanah tersebut memiliki kesamaan dengan tanah miliknya di Pantai Tukad Cebol, Buleleng yang juga terletak di antara dua buah aliran sungai. Inspirasi Panji Tisna muncul untuk membangun sebuah peristirahatan seperti itu.

Lokasi Pantai Lovina

Anda yang ingin bersambang ke Pantai Lovina ini, maka untuk lokasinya sendiri, berada di Bali Utara. Suasana liburan yang berbeda, memang akan tampak terasa di kawasan Bali Utara ini, yang bermula dirintis di Desa Kaliasem dan meluas ke Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali. Dimana untuk nuansa pemandangan alamnya masih asri dan masih sunyi. Berbeda dengan pantai yang sudah ramai disekitar kawasan Kuta.

Arti Nama

Love” dan “Ina” oleh masyarakat diartikan sebagai “Love Indonesia“, Pengertian seperti itu tidak sesuai dalam konteks Panji Tisna. IIstilah “INA” secara umum sudah dikenal sebagai singkatan untuk kontingen atau rombongan atlet Indonesia untuk “Asian Games 1963“. Sedangkan, “Lovina” didirikan pada tahun 1953. Menurut Panji Tisna, “Lovina” memiliki makna filosofis, campuran dua suku kata “Love” dan “Ina“. Kata “Love” dari bahasa Inggris berarti “kasih” yang tulus dan “Ina” dari bahasa Bali atau bahasa daerah yang berarti “ibu“. Menurut penggagasnya, Anak Agung Panji Tisna, arti “Lovina” adalah “Cinta Ibu” atau arti luhurnya adalah “Cinta Ibu Pertiwi“.

Articles

Find More  

Wisata Pantai Lovina dengan Lumba-lumbanya

Di pantai yang berpasir hitam ini, lumba-lumba hidup dengan bebas di dalam laut lovina. Tidak ada nelayan yang berani menangkap ikan lumba-lumba ini untuk di jual karena ikan lumba-lumba di pantai lovina ini telah di lindungi oleh undang-undang pemerintah setempat. Ada Apa Di Pantai Lovina? “Di pantai lovina ada lumba-lumbanya”, Seperti menjadi sebuah ikon tersendiri untuk pantai lovina ini dalam …

Continue reading  

Wisata di Desa Pemuteran Bali

Di tahun 80-an, orang-orang desa pemuteran bali yang bekerja sebagai nelayan selalu mencari ikan dengan merusak terumbu karang. Mereka menggunakan BOM ikan untuk menangkap ikan secara masal tanpa peduli dengan lingkungan terumbu karang. Adalah seorang tokoh masyarakat yang bernama I Gusti Agung Prana yang mulai sadar betapa pentingnya lingkungan terumbu karang di desa pemuteran bali. Beliau mulai mengajarkan masyarakat betapa …

Continue reading  

Objek wisata pantai Amed Bali

Objek wisata pantai Amed berlokasi di ujung Timur pulau Bali, butuh waktu 3 jam naik mobil dari wilayah Kuta dan Bandara. Berkunjung ke pantai Amed anda bisa sewa mobil di Bali, kemudian sempatkan waktu perjalanan anda menjadi rangkaian tour yang menarik, karena sepanjang perjalanan melalui by pass Ida Bagus Mantra anda bisa singgah ke sejumlah objek wisata di Bali seperti …

Continue reading