Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. "Menjangan" dalam bahasa setempat berarti "rusa / kijang" dikarenakan pulau ini di huni kawanan rusa atau kijang liar. untuk menuju ke Pulau menjangan kita pergi ke Pelabuhan Banyuwedang, Pelabuhanya letaknya bersebelahan dengan Mimpi Resort.

Banyak wisatawan yang belum Tau tentang pulau menjangan ini, kebanyakan yang mengetahui adalah turis yang hobi Diving. di pulau menjangan ini di terkenal dengan Wall Diving terbaik di Bali. Pulau menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar.

Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Anda akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang Anda bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya Anda akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik.

Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Amazing bukan? Beberapa spot terkenal untuk diving yang sering dijadikan lokasi menyelam di Pulau ini adalah:

Eel gardens

Eeel gardens adalah spot diving yang terletak di bagian barat Pulau Menjangan. Spot ini sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan. Di spot ini terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans, sesuai dengan nama spotnya. Diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya akan gorgonia dan biota laut lainnya.

DTA-Menjangan-Underwater-Spot-Coral-Garden-2

Secret Bay

Secret Bay adalah lokasi yang tepat bagi Anda para pecinta macro diving karena di lokasi ini perairan cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan memiliki pasir berlumpur di dasar lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup berbagai biota laut yang langka dan endemik. Lokasi ini adalah lokasi yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, Anda bisa menemukan nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi spesies lainnya. Namun jika Anda ingin menikmati keindahan spesies-spesies tersebut harus menyelam di waktu yang tepat.

Waktu yang dianjurkan adalah saat gelombang tinggi dan sirkulais bulan berada pada posisi yang tepat pula. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan pakaian selam (wetsuit) yang bagus karena suhu air di sini bisa lebih dingin dibandingkan perairan Bali lainnya.

Tips-ke-Pulau-Menjangan-Bali

Anchor Wreck

Anchor Wreck adalah lokasi diving yang dianjurkan bagi para penyelam yang telah berpengalaman dan cukup profesional. Dengan kedalaman sekitar 45 meter, lokasi ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut masyarakat luas, kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia II.

Minoan-shipwreck-turkey

Kapal ini disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, karena diduga kapal ini mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Jika Anda menyelam ke kapal ini, Anda akan menemukan peti dengan isi perabot-perabot keramik yang telah ditumbuhi karang lunak dan juga penyu bahkan hiu yang sedang berenang.

Articles

Find More  

Wisata Pantai Lovina dengan Lumba-lumbanya

Di pantai yang berpasir hitam ini, lumba-lumba hidup dengan bebas di dalam laut lovina. Tidak ada nelayan yang berani menangkap ikan lumba-lumba ini untuk di jual karena ikan lumba-lumba di pantai lovina ini telah di lindungi oleh undang-undang pemerintah setempat. Ada Apa Di Pantai Lovina? “Di pantai lovina ada lumba-lumbanya”, Seperti menjadi sebuah ikon tersendiri untuk pantai lovina ini dalam …

Continue reading  

Wisata di Desa Pemuteran Bali

Di tahun 80-an, orang-orang desa pemuteran bali yang bekerja sebagai nelayan selalu mencari ikan dengan merusak terumbu karang. Mereka menggunakan BOM ikan untuk menangkap ikan secara masal tanpa peduli dengan lingkungan terumbu karang. Adalah seorang tokoh masyarakat yang bernama I Gusti Agung Prana yang mulai sadar betapa pentingnya lingkungan terumbu karang di desa pemuteran bali. Beliau mulai mengajarkan masyarakat betapa …

Continue reading  

Objek wisata pantai Amed Bali

Objek wisata pantai Amed berlokasi di ujung Timur pulau Bali, butuh waktu 3 jam naik mobil dari wilayah Kuta dan Bandara. Berkunjung ke pantai Amed anda bisa sewa mobil di Bali, kemudian sempatkan waktu perjalanan anda menjadi rangkaian tour yang menarik, karena sepanjang perjalanan melalui by pass Ida Bagus Mantra anda bisa singgah ke sejumlah objek wisata di Bali seperti …

Continue reading