Tulamben

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti "banyak batu", merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben.

Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi kapal karam USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942).

Tulamben adalah desa pinggir laut yang telah terkenal di dunia karena puing USAT Liberty yang sangat populer, dimana kebanyakan dari penyelam scuba menganggap ini sebagai salah satu tempat menyelam dengan akses pantai terbaik dunia. Menyelam di Tulamben tidak terbatas hanya dengan puing USAT Liberty, ada banyak lagi situs lainnya, semuanya cukup berbeda satu dengan yang lain dan masing masing memiliki kelebihan keragaman alam lautnya . Situs seperti Drop off, Coral Garden, dan Seraya. Dan perjalanan yang santai menuju sebelah timur laut Tulamben semakin menarik.

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Selama musim liburan, lebih dari 100 penyelam mendekati bangkai kapal ini tiap hari.

Puing Kapal USAT LIBERTY

Alasan utama penyelam mengelilingi dunia untuk sampai ke Tulamben adalah puing USAT Liberty, terdampar hanya 40 meter dari pantai dan pastinya puing kapal dari PD II yang paling mudah dicapai. Gabungan dari akibat bencana torpedo dan letusan gunung berapi yang menjadikan puing ini terdampar di tempat yang dangkal. Ujungnya terletak hanya 5 meter dibawah air, dan sisanya tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter , yang berarti penyelam dengan segala level bisa menjelajahi puing ini, yang dihiasi dengan koral sehat, kipas laut, dan spons laut berukuran besar.

Dengan akses pantai yang mudah , kondisi tenang dan jarak pandang yang baik membuat puing kapal Tulamben menjadi tempat sempurna untuk penyelam pemula dan yang berpengalaman.

Kehidupan Laut

Kekayaan lautnya amat mudah dilihat. Liberty adalah rumah bagi ratusan spesies termasuk barracuda raksasa, kura- kura, bumphead parrot fish, oriental sweetlips, kuda laut pygmy dan potato cod. Tanyakan pada pemandu kami untuk menemukan leaf scorpion fish yang sering diam di buritan kapal. Di bagian kapal yang agak ke tepi pantai terdapat Eel Garden, perhatikan saat mereka meluncur masuk kembali kedalam pasir saat anda menghampiri,dan dalam perjalanan kembali ke pantai jangan lupa untuk mencari udang yang sedang sibuk menggali pasir untuk rumah.

Articles

Find More  

Wisata Pantai Lovina dengan Lumba-lumbanya

Di pantai yang berpasir hitam ini, lumba-lumba hidup dengan bebas di dalam laut lovina. Tidak ada nelayan yang berani menangkap ikan lumba-lumba ini untuk di jual karena ikan lumba-lumba di pantai lovina ini telah di lindungi oleh undang-undang pemerintah setempat. Ada Apa Di Pantai Lovina? “Di pantai lovina ada lumba-lumbanya”, Seperti menjadi sebuah ikon tersendiri untuk pantai lovina ini dalam …

Continue reading  

Wisata di Desa Pemuteran Bali

Di tahun 80-an, orang-orang desa pemuteran bali yang bekerja sebagai nelayan selalu mencari ikan dengan merusak terumbu karang. Mereka menggunakan BOM ikan untuk menangkap ikan secara masal tanpa peduli dengan lingkungan terumbu karang. Adalah seorang tokoh masyarakat yang bernama I Gusti Agung Prana yang mulai sadar betapa pentingnya lingkungan terumbu karang di desa pemuteran bali. Beliau mulai mengajarkan masyarakat betapa …

Continue reading  

Objek wisata pantai Amed Bali

Objek wisata pantai Amed berlokasi di ujung Timur pulau Bali, butuh waktu 3 jam naik mobil dari wilayah Kuta dan Bandara. Berkunjung ke pantai Amed anda bisa sewa mobil di Bali, kemudian sempatkan waktu perjalanan anda menjadi rangkaian tour yang menarik, karena sepanjang perjalanan melalui by pass Ida Bagus Mantra anda bisa singgah ke sejumlah objek wisata di Bali seperti …

Continue reading