Pulau Merah ( Red Island )

Pantai Pulau Merah adalah salah satu lokasi wisata di kawasan pantai selatan yang masih alami. Disepanjang pantai ada sabuk hijau yang melingkar menjadi pengaman wilayah ini dari musibah Tsunami yang pernah terjadi pada tahun 1993.

Pulau Merah adalah sebuah pulau berbentuk bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 3 km. Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing.

Angin laut di Pulau Merah memang agak kencang. Itu pula yang membuat gelombang laut yang masuk laut selatan itu relatif lebih tinggi, antara 4-5 meter. Dari jauh, gelombang laut itu menimbulkan gemuruh yang sangat keras. Tak hanya untuk bersantai, Pulau Merah kerap dijadikan tempat berselancar (surfing). Seperti yang dilakukan peselancar professional yang berusaha menaklukan ombak Pulau Merah.

Pulau Merah Banyuwangi, sering dikunjungi para wisman seperti, dari Perancis, Jerman, dan Australia untuk menjajal surfing di Pulau Merah. Selain irit di ongkos karena tak ada kewajiban membayar, ombak Pulau Merah sangat cocok untuk peselancar pemula. Di Pulau Merah yang cocok untuk berselancar masih jadi satu kesatuan dengan ombak di Plengkung.