Gunung Argapura

Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini berada kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang, sehingga kompleks ini sering disebut Yang-Argapura. Kompleks Yang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. Pendakian Gunung Argapura memang terbilang memberikan tantangan tersendiri, pasalnya meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl, namun jalur pendakiannya cukup panjang. Tak heran jika disebut trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yaitu sekitar 63 Km.

Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argopuro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, dengan puncak Rengganis ada di wilayah Kabupaten Jember. Di kawasan Puncak Rengganis konon menurut cerita masyarakat sekitar bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Argapura (Argopuro)

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Argapura (Argopuro), Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Argapura (Argopuro).

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Argapura (Argopuro).

Akses Gunung Argapura (Argopuro)

  • bertolak pos lapor baderan jam 08.30, hingga mata air(pos I) jam 14.45 : keseluruhan terjadi 6 jam 15 menit
  • bertolak dari pos I mata air jam 10.00,hingga cikasur (pos II) jam 16.00 : keseluruhan terjadi 6 jam
  • bertolak dari cikasur jam 10.00,hingga di cisentor (pos III) jam 12.45 : keseluruhan berlangsung 2 jam 45 menit
  • bertolak dari cisentor jam 13.30,hingga rawa embik (pos IV) jam 15.45 : keseluruhan terjadi 2 jam 15 menit
  • bertolak dari rawa embik jam 04.00 hingga puncak rengganis 05.30 : keseluruhan berlangsung 1 jam 30 menit ( tidak dengan cariel,cuma bawa air & sedikit cemilan)
  • bertolak dari puncak rengganis jam 07.00,hingga di puncak paling atas argopuro jam 08.00 : keseluruhan berlangsung 1 jam
  • puncak argopuro turun ke rawa embik keseluruhan lebih kurang 45 menit

Information

Find More  

Articles

Find More  

Situs Rawat Ruwat: Taman Gandrung Terakota, Sebuah Daya Tarik Ikonik Baru Di Kawasan Lereng Ijen

Dan ikon gandrung tersebut kemudian diabadikan dalam sebuah situs rawat ruwat bernama Gandrung Terakota (mengadopsi konsep prajurit terakota di kota Xi’An, Tiongkok. Terletak di sebuah kawasan bernama Sumber Kalongan, Dusun Jambu,Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi serta berada dalam naungan Jiwa Jawa Resort, situs tersebut menawarkan suasana tenang pedesaan yang berada di kaki gunung, pemandangan persawahan yang asri, serta ketentraman …

Continue reading  

Help!!! Need the Donation for 7,5-magnitude Sulawesi Earthquake’s Victim

A powerful earthquake that shaked Sulawesi Island and triggered a tsunami has killed at least 384 people, Rescue workers in Indonesia continued a desperate search for survivors in Sunday, two days after a powerful earthquake hit the island. After the 7.5-magnitude earthquake hit Friday, water smashed into buildings and swept away homes in the coastal city of Palu, home to 350,000 …

Continue reading  

Samudera Selfie Ini Wisata Terbaru di Banyuwangi, Intip Yuk!

Banyuwangi – Seakan tak bosan memenuhi hasyrat wisatawan, Banyuwangi terus menambah destinasi wisatanya. Yang terbaru, kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini membuka destinasi wisata baru ‘Samudera Selfie‘. Tempat ini sebelumnya adalah bekas kubangan tambak yang terbengkalai. Selanjutnya tempat itu disulap menjadi tempat wisata yang sangat apik. Lokasinya pun tak jauh dari Kota Banyuwangi. Lokasi ini berdekatan dengan destinasi wisata …

Continue reading