Pesona Bukit Watu Dodol

Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol merupakan pintu masuk ke Kabupaten Banyuwangi dari wilayah Kabupaten Situbondo.

Nama Watu Dodol sendiri merujuk kepada sebuah batu besar setinggi 6 meter yang berlokasi tepat di antara kedua ruas jalan raya. Jika kalian pernah melewati jalur Banyuwangi-Situbondo terutama pada daerah Wongsorejo (Banyuwangi), kalian akan menemui ikon Banyuwangi yaitu patung penari gandrung di tepi pantai dan sebuah batu besar yang berada di tengah jalan raya yang bernama Watu Dodol yang menyimpan segala kemistisannya.

Ada apa aja di Grand Watu Dodol?

Grand Watu Dodol (GWD) adalah nama dari tempat wisata Banyuwangi yang terletak tepat di pinggir jalan raya Banyuwangi-Situbondo. Kalau kalian dari Banyuwangi kota ataupun dari Pelabuhan Ketapang, kalian lurus aja ke utara arah Situbondo. Kalau kalian lihat ikon patung gandrung dan batu besar di tengah jalan raya, tandanya kalian udah sampai tuh di GWD.
“Ada apa aja sih di GWD, pantai doang mah mainstream cuy..”
Eits..jangan salah, GWD berbeda dari pantai biasanya karena memiliki spot wisata yang fotogenik dari bukit sampai ke pantainya.

BUKIT WATU DODOL

Landmark Patung Gandrung Banyuwangi yang terlihat dari Bukit Watu Dodol Banyuwangi(Ira Rachmawati / Kompas.com / Banyuwangi)

Landmark Patung Gandrung Banyuwangi yang terlihat dari Bukit Watu Dodol Banyuwangi(Ira Rachmawati / Kompas.com / Banyuwangi)

Bukit ini terletak di sebelah selatan patung gandrung guys,kalau dari Banyuwangi kota ada di sebelah kiri jalan sebelum patung gandrung. Bukit ini merupakan spot keren buat menikmati pemandangan Selat Bali yang luar biasa. Dari atas sini kita bisa menikmati matahari, angin, laut, gunung, pohon-pohon, dan semuanya akan terlihat lebih indah dari atas sini. Keren sumpah!

Tiket masuknya Rp.3000 aja guys, untuk parkir motornya Cuma Rp.2000 aja, sangat murah kan? Setelah parkir dan bayar tiket masuk, kita harus berjalan mendaki bukit guys, jangan khawatir, jalannya udah pavingan kok, jadi kalian bisa dengan mudah mendaki,landai, dan berjarak kira-kira 200 meter. Berjalan di sini asik banget tuh kalau sambil gandeng tangan pasangan, haha. Oh ya, di sini kadang-kadang ada monyet yang turun guys, jangan takut ya, keep kalem. Namanya juga hutan guys..

READ  15 reason why you should visit Ijen Crater

ADA MAKAM DI BUKIT WATU DODOL

BUJUK PACORAN Makam Syekh Maulana Ishaq

BUJUK PACORAN Makam Syekh Maulana Ishaq

Iya, di sini sebenarnya merupakan makam dari Syech Maulana dan Putri Sekardadu yang merupakan orangtua dari Sunan Giri. Tau dari mana sih? Sebelum pintu masuk ada papan sejarahnya guys, jadi kita bisa membaca sejarahnya juga. Bisa cari ilmu pengetahuan juga di sini, jadi makin pinter kan? Haha
Makanya di siini kalian jangan melakukan hal aneh dan negatif ya guys, niatin yang positif aja..Jaga sikap dan kata-kata juga tuh karena di sini makam. Jadi sudah sepatutnya kita menghormatinya..iya kan?

LIHAT SUNRISE DI BUKIT WATU DODOL

Dibalik Pantai Watu Dodol yang indah, terdapat misteri yang belum terpecahan hingga saat ini.

Dibalik Pantai Watu Dodol yang indah, terdapat misteri yang belum terpecahan hingga saat ini.

Kalau kalian mau sih kalian bisa lihat sunrise di sini guys, dateng aja pas abis subuh hehe. Kalian pasti tau dong kalau Banyuwangi terkenal dengan sebutan Sunrise Of Java karena terletak di ujung timur Pulau Jawa? Pastinya keindahan sunrise ini nggak bakalan bikin kecewa guys, siapa sih yang nggak suka lihat sunrise? Boong banget pasti tuh..

MENIKMATI SUNSET DI BUKIT WATU DODOL

Selain bisa lihat sunrise, kalian juga bisa banget tuh menikmati sunset di sini dan aku paling merekomendasikan untuk ke sini sore hari. Kenapa? Biar kita bisa mendapatkan foto yang bagus, haha.. di sini asik banget sih guys kalau sore hari, karena nggak terlalu panas, bisa duduk-duduk sambil melihat Selat Bali yang keren abis, bisa menikmati bisikan angin, dan juga bisa foto tuh. Asik kan pastinya? Apalagi kalau kalian bareng teman, sahabat, gebetan, maupun pacar. Yang ke sini sih rata-rata anak muda guys, orang tuanya lebih suka ke pantai, hehe..

READ  How Indonesia’s media-savvy miners became tourist attractions, turning sulphur into selfies

Bisa ngapain lagi ya?

Mungkin kalian bisa ngopi ataupun ngemil sambil bercengkrama di bawah guys. Kan ada gazebo bambunya, oke lah kalau sekadar buat nongkrong..
Setelah lihat laut di Bukit Watu Dodol, kalian bisa banget langsung menuju Pantai Watu Dodol guys, masak dilihatin doang sih tuh laut, nyemplung dong!! Sama aja kayak kalian suka sama gebetan tapi kalian Cuma lihatin doi dari jauh aja, waduw, deketin dong guys!