Wisata Pantai Boom

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten eksotis di Jawa Timur. Menjadi kota paling timur di Jawa, membuat fajar pertama terbit di pagi hari di sini, melemparkan sinar rindang ke Jawa, dan daerah ini juga hijau subur tapi juga pulau berpenduduk padat. Belum cukup populer sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Banyuwangi, pada kenyataannya, menyembunyikan banyak permata rahasia, salah satunya adalah Pantai Boom dengan pasir hitamnya.

Terletak di desa Mandar, Banyuwangi, Pantai Boom pernah menjadi pelabuhan penting di Banyuwangi. Pantai ini terletak di pusat kota Banyuwangi dan dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar Banyuwangi. Pantai ini khas pantai berpasir hitam dan memiliki latar belakang eksotis pulau Bali. Para pengunjung bisa menikmati pantai sambil menikmati kelapa di jalur pejalan kaki atau menikmati berkuda atau naik ATV.

pantai-boom-ok

Selain menjadi tujuan wisata, pantai ini juga menjadi salah satu tempat untuk beberapa acara besar seperti tarian kolosal Sewu Gandrung, yaitu acara tradisional dengan 1000 tarian tradisional dan Jazz Jazz Pantai Banyuwangi.

Pada jaman dulu sebenarnya pantai Boom ini adalah sebuah pelabuhan yang penting. Banyak kapal-kapal yang membawa berbagai macam angkutan (kopra) dan juga kapal-kapal nelayan. Fakta ini dibuktikan dengan adanya dermaga-dermaga pelabuhan, tempat pelelangan ikan yang sudah tidak digunakan dan juga berbagai gudang-gudang bekas.

Biasanya di dermaga ini para penduduk menggunakannya untuk melakukan aktifitas seperti memancing. Sedangkan di sebelah selatan ada Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut yang menjadi tempat peristirahatan pasukan ALRI yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di daerah Banyuwangi

Di pantai ini banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan selain yang sudah di sebutkan di atas memamncing, anda juga bisa melakukan olah raga pantai seperti paralayang, jet ski, dan juga paramotor.

Walaupun banyak juga yang memandang pantai di Banyuwangi ini dengan sebelah mata karena disebut kotor, kum, banyak sampah berserakan, tempat untuk mesum orang pacaran, pantai Boom sebenarnya adalah pantai dengan pemandangan yang indah.

Upaya Pemerintah untuk Membenahi Pantai Boom

Dimulai dari tahun 2014 sebenarnya Pemerintah Kab. Banyuwangi telah bertekad menjadikan Pantai Boom sebagai salah satu obyek tujuan wisata utama di Kabupaten Banyuwangi. Pemikiran ini disebabkan karena pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang berdasarkan pada hasil survey yang mengungkapkan bahwa Pantai Boom memiliki tingkat kunjungan wisatawan domestik paling tinggi diantara obyek wisata yang lain di Banyuwangi.

READ  Traveling Tips on Ijen Crater

Mendapat dukungan dari pemerintah, Pantai Boom sepertinya akan banyak dan terus melakukan pembenahan juga pengembangan agar bisa menjadi pantai yang bersih, nyaman, indah serta menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara dengan cara menjadi sebuah tujuan wisata dengan ciri khas Suku Osing.

Langkah-langkah awal sudah mulai dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi salah satunya dengan menata kios-kios PKL yang sebelumnya telah berjualan di area pinggir pantai, kini mulai dipindahkan dan ditata ke tempat baru sehingga terlihat lebih rapi.

Serta tak lupa sebuah mimpi besar yang ingin diwujudkan oleh pemkab Banyuwangi yang saat ini yang telah terdapat fasilitas jet ski air yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Maka beerikutnya akan menghadirkan fasilitas untuk kegiatanparalayang dan paramotor. Semoga penantian ini tak hanya sekedar mimpi namun akan menjadi sebuah mimpi yang lagi bisa terwujud.

Failitas di Pantai Boom

Fasilitas yang tersedia di Panti Boom bisa ddibilang cukup lengkap dan beragam apalagi sejak lebih diperhatikan oleh pemerintah Banyuwangi. Di tempat ini anda bisa menemukan berbagai kedai-kedai makanan yang berderet-deret yang pasti juga menjual minuman jika anda ingin beristirahat sejenak mengisi perut lapar sembari menikmati udara pantai dan semilir angin yang sejuk.

Penyewaan motor juga tersedia untuk anda yang ingin menelusuri pantai Boom dan daerah sekitarnya dengan menggunakan motor. Ada juga penyewaan kuda, fasilitas untuk bermain olah raga pantai, tempat berteduh dan juga beberapa penginapan yang bisa anda temukan di sekitaran pantai Boom.

Hunting Foto di Pantai Boom

pantai boom sunrise

Pasti lah tidak susah menemukan spot atau lokasi-lokasi yang menari di pantai untuk berfoto. Entah itu anda berselfie ria, berfoto dengan teman, saudara atau bahkan memfoto pemandangan indah yang terbentang di sekitar anda. Manfaatkan waktu seleluasa mungkin bagi anda untuk menjepret momen di pantai Boom yang bisa anda buat sebagai kenag-kenangan saat anda pulang nanti.

READ  Savana Bekol, Menikmati Eksotisnya Pemandangan Seperti di Afrika

Mau pemandangan yang lebih indah lagi? Pastikan anda mau datang subuh-subuh atau menjelang matahri terbit karena pemandangan di tempat ini saat matahari terbit sudah tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Warna langitnya yang orange menyentuh permukaan air laut yang berkilauan menghasilkan sebuah panorama yang bisa membuat anda berdecak kagum.

Selain itu jika anda datang saat ada pertunjukan budaya atau jazz festival, maka obyek bidikan kamera anda akan semakin banyak dan menarik.

fQpHmb6Yzo1438494615

Untuk menuju ke Pantai Boom anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil, motor, maupun kendaraan seperti ojek motor dan becak. Untuk kendaraan umum seperti angkot dan sejenisnya sayang sekali masih belum ada yang melewati lokasi ini.

Berikut ini adalah jalur yang harus anda lalui:
1. Dari Simpang Lima, anda masuk ke Jalan dr. Sutomo hingga sampai di Taman Blambangan.
2. Dari Lampu lalu lintas di Taman Blambangan Anda harus meneruskan perjalanan menuju ke arah utara hingga tiba di bundaran PLN.
3. Setelah tiba di bundaran PLN, lalu Anda harus belok ke arah kanan dan masuk ke Jalan Nusantara.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pantai Boom

Untuk jam buka sendiri anda bisa datang dari pagi hari hingga sore hari, dan masalah tiket masuk ke Pantai Boom, tidak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau, hanya sebesar 3.000 rupiah saja per orang anda sudah bisa menikmati salah satu pantai di Banyuwangi ini.

Tips Berlibur di Pantai Boom

  1. Siapkan perbekalan uang yang cukup
  2. Jangan lupa memakai krim sunblock, membawa topi atau kacamata hitam
  3. Bawalah kamera agar anda bisa berfoto-foto ria
  4. Tentukan transportasi apa yang akan anda gunakan
READ  Menemui Para Pertapa Modern Alas Purwo

Sumber: Madeline Romanov